63 views

Home / GAYA HIDUP / PSIKOLOGI

Minggu, 28 Februari 2021 - 06:15 WIB

Mager dan Hilang Semangat ? Ini Solusinya

Spread the love

Tak jarang kita selalu dibuat jenuh oleh keadaan. Mungkin karena keadaan sedang tidak berpihak pada kita, ataukah kita yang tidak cukup bijak dan gagal dalam membujuk tubuh, pikiran, hati serta seluruh perangkat lain dalam tubuh kita untuk tetap bisa bersemangat.

Kalian ataupun saya yang awam ini, pasti paham betul, bahwa sejatinya rasa semangat itu di gerakkan, bukan di tunggu momentumnya. Namun hal tersebut hanya sebatas diketahui, tanpa dilaksanakan. Wajarlah jika rasa jenuh, bosan, dan letih selalu dominan dalam mood yang kita jalani dalam ber aktivitas, karena sejatinya realisasi dari apa yang kita ketahui perlu sebuah gerakan yang mendasarinya, minimal gerakan dari hati kita.

Sehingga kompatibel dengan istilah bisa karena biasa. Kita akan sampai pada fase terbiasa dengan semangat yang menggelora sehari-hari jika kita mendapatkan fase dan titik membangkitkan atau mengeluarkan hormon dopamine ( Senyawa otak yang menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh ) sesuai dengan kadarnya, sehingga dapat meningkatkan suasana hati kita. Yang ketika memacu horman dopamin secara berlebihan akan membuat rasa ketagihan ataupun kecanduan, akan tetapi tak masalah jika bersifat positif. Karena kecanduan untuk memiliki semangat setiap hari juga akan membuat target dari aktivitas sehari-hari kita menjadi lancar.

Lalu, Bagaimana cara kita untuk mendapatkan rasa semangat itu setiap hari ?

Lawanlah diri kamu yang selalu mager dalam beraktivitas, sehingga pola kebiasaan itu akan sedikit demi sedikit akan terbentuk, seperti halnya saat di sekolah kita melaksanakan apel setiap pagi, di pagi hari yang mungkin biasanya anda masih terlelap saat berada dalam fase libur panjang, ataupun bunyi bel sekolah yang berdering di pagi hari yang sebagian dari kita tanpa ada aba aba secara lisan langsung bergerak menuju ke lapangan apel. Itulah dorongan dari kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Sehingga ketika kita telah biasa maka kita akan bisa melakukannya.

Baca Juga :  Fakta Pria dan Wanita Sulit Untuk Menjadi " Hanya Teman "

Akhir-akhir ini banyak yang meneliti tentang hubungan nutrisi dengan kesehatan mental. Seperti yang dimuat dalam Healthline yang menganjurkan kita mengonsumsi pilihan makanan sehat seperti ikan segar, dark chocolate, makanan fermentasi.

Namun sebelum maraknya penelitian tentang hal tersebut, orang-orang terdahulu kita senantiasa menyuguhkan buah pisang di atas meja makan, ataupun menggorengkan pisang di pagi hari sebagai bekal untuk menjalani aktivitas sehari-hari, yang secara saintifik pisang mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh sehingga dapat menstabilkan suasana hati.

Tak bisa dipungkiri bahwa, kualitas tidur dapat menentukan rasa semangat dan energi kita dalam beraktivitas. Lalu bagaimana dengan kita yang mengharuskan bekerja seharian dan berpotensi mengurangi jam tidur ?

Masih selaras dengan hal diatas, sebenarnya kita hanya perlu mengatur ritme secara teratur tiap sela waktu istrahat kita dalam bekerja untuk menyempatkan tidur walaupun hanya 10 menit.

Karena jika kita laksanakan secara teratur maka tubuh akan terbiasa menerima kebiasaan yang anda lakukan sehingga tubuh anda tetap terjaga dalam seharian beraktivitas begitupun dengan rasa semangat.

Itulah tips yang ZoneIDN.com bisa berikan, Namun jangan lupa barengi dengan meminum vitamin dan air mineral yang cukup untuk bisa bisa menunjang kebugaran anda.

Share :

Baca Juga

PSIKOLOGI

Cinta adalah kesempatan, Seringkali tak datang dua kali

PSIKOLOGI

Wow ! Ketahui Karakter Seseorang dari Gaya Bicaranya

PSIKOLOGI

Fakta Pria dan Wanita Sulit Untuk Menjadi ” Hanya Teman “